Selamat datang dan Terima Kasih atas kunjungan anda.


Seperti pepatah, "Tak perlu darimana asalnya ilmu itu. Yang terpenting adalah Seberapa bergunanya Ilmu itu bagi orang lain, atau setidaknya untuk diri kita sendiri ...."

Saya harap blog ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan beberapa dari permasalahan anda.

Mudah2-an apa yang anda akan dapatkan nantinya, itulah yang anda butuhkan!

Wassalam

Cara Install Windows 7 Menggunakan USB Flash Drive

Instalasi Windows dari USB memiliki keuntungan jika DVD tidak bisa membaca disk atau jika ada goresan pada disk instalasi Windows, dan juga lebih mudah untuk membawa-bawa flash disk USB anda daripada menggunakan disc drive. Selain itu, banyak compact baru laptop atau desktop kecil bahkan tidak punya CD/DVD drive. Selain itu, anda bahkan dapat menggabungkan beberapa Software lainnya seperti Firefox, Windows Live Messenger, 7-Zip, Orbit Downloader dan lain-lain ke dalam USB drive sehingga dapat terinstal setelah instalasi Windows selesai.

Menginstal Windows 7 via USB:
Saya akan menunjukkan dua cara (manual dan otomatis) tentang cara menginstal Windows 7 menggunakan USB drive.


Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki sekurangnya 4GB USB flash drive. Menginstal Windows 7 membutuhkan sekitar 3GB free ruang kosong dalam Flashdisk.

Cara manual:
1. Masukkan flash drive USB anda.
2. Tekan tombol WIN + R, ketik cmd dan klik OK.
3. Ketik "diskpart" dan tekan ENTER
4. Ketik "list disk", tekan ENTER dan mengidentifikasi nomor disk USB flash drive Anda. Anda harus sangat yakin bahwa nomor Flash Disk anda sudah tepat atau Anda akan memformat drive yang salah nantinya. Jika Anda hanya memiliki satu hard drive, kemudian biasanya flash drive USB anda akan menjadi disk 1.

5. Ketik "select disk 1" dan tekan ENTER
6. Ketik "clean" dan tekan ENTER
7. Ketik "create partition primary" dan tekan ENTER
8. Ketik "select partition 1" dan tekan ENTER
9. Kerik "active" dan tekan ENTER
10. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER
11. ketik "assign" dan tekan ENTER
12. ketik "exit" dan tekan ENTER
13. Masukkan DVD instalasi Windows 7 disk dan salin semua dari DVD ke flash drive USB anda.
14. Boot komputer Anda dengan USB flash drive. Kamu harus masuk ke BIOS dan pastikan sudah diatur untuk boot awalnya dari perangkat flash. Jika sudah benar, Windows 7 menginstal dari flash drive USB anda.

Cara otomatis:
Ada software yang disebut WinToFlash yang melakukan cara di atas secara otomatis. Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan program, menetapkan lokasi instalasi disk Windows 7 dan arah tujuan dari flash drive USB anda.
WinToFlash menginstal Windows 7 dari USB
1. Download versi terbaru dari WinToFlash
2. Ekstrak dan jalankan WinToFlash.exe
3. Klik tombol cek besar untuk memulai transfer Windows setup wizard.
4. 4. Click Next Klik Next. File Windows jalan jika huruf drive dari DVD drive dan drive USB anda adalah huruf drive dari flash drive USB anda.
6. Pilih “I Accepted the terms of the license agreement” and click Continue.dan klik Next.
7. Klik OK untuk memulai format flash drive USB anda dan file akan secara otomatis ditransfer dari Disc Instalasi Windows 7 ke flash drive USB anda.
8. Klik Next ketika selesai menyalin dan restart. Pastikan Boot awal komputer anda adalah USB flash drive (kalau tidak salah "USB ZIP"). Anda perlu masuk ke BIOS anda dan pastikan sudah diatur untuk boot dari FlashDisk. Jika benar, Windows 7 instalasi harusnya ter load dari flash drive USB anda.

Spesifikasi hardware komputer Anda memainkan bagian pada waktu yang dibutuhkan untuk menginstal Windows. Aku berhasil menyelesaikan instalasi Windows 7 dari USB flash drive dengan hanya 17 menit dan spesifikasi desktop saya adalah Intel Pentium D 2.8GHz, 2GB ram, 160GB SATA 7200RPM hard drive dan Mainboard MSI 945P Platinum. Ketika waktu menginstal Windows 7 menggunakan DVD, butuh waktu 22 menit. Jadi pada komputer desktop saya, itu adalah 22% lebih cepat menginstal Windows menggunakan USB flash drive dibandingkan dengan DVD.

Tidak ada komentar: